Kamis, 25 Juni 2009

The King of Mugello

Tumbangnya "THE KING OF MUGELLO"

VALENTINO Rossi "King of Mugello" selama tujuh tahun sejak 2002 akhirnya turun takhta di kandang sendiri dalam upayanya untuk menjadi juara Gand Prix Motor Italia kelas MotoGP yang kedelapan kalinya di Sirkuit Mugello, Minggu (31/5). Dengan demikian pupus pula ambisi memenangi GP ke-99 kalinya.

Kondisi menyulitkan dialami semua pembalap di sirkuit semibasah dan kering akibat hujan yang turun saat lomba 250 cc. Situasinya persis seperti di Sirkuit Le Mans pada GP Motor Prancis, dua pekan silam. Para pembalap harus melakukan pit stop untuk mengganti motor yang telah dilengkapi dengan ban intermediate (semi-slick).

Pada kondisi lintasan berat ini, "The Doctor" yang merupakan andalan tim Fiat Yamaha, hanya naik podium di urutan ketiga di bawah rekan setimya Jorge Lorenzo (Spanyol) yang finis kedua. Juara dunia MotoGP 2007, Casey Stoner (Australia), memberi hadiah kemenangan pertama di Mugello bagi pabrikan motor Italia, Ducati sekaligus melambungkannya kembali ke posisi teratas klasemen umum dengan 90 angka.

Kemenangan Stoner diraih melalui pertarungan seru pada delapan lap terakhir dengan dua pembalap tim Fiat Yamaha, Lorenzo dan Rossi setelah ketiganya mengganti motor dengan ban intermediate. Sebelumnya, pada kondisi basah hingga lap kesebelas, Stoner harus berjuang keras mengatasi perlawanan Andrea Dovizioso dan Dani Pedrosa (Repsol Honda), Loris Capirossi (Rizla Suzuki/Italia), dan Marco Melandri (Hayate Kawasaki/Italia).

Aksi menawan salip menyalip terus terjadi sejak lap pertama ketika Chris Vermeulen (Rizla Suzuki/Australia), jagoan lintasan basah, memimpin dibuntuti Andra Dovizioso (Repsol Honda/Italia) dan Casey Stoner (Ducati Marlboro). Pada lap kedua, Stoner menyodok terdepan, namun pada lap kelima giliran Dovizioso mengambil alih posisi terdepan.

Kemudian, Rossi yang ganti memimpin pada lap kedelapan melalui manuver menawan melewati Stoner dan Dovizioso. Aksi paling sensasional terjadi ketika Melandri (Hayate) yang juga jago lintasan basah secara mengejutkan melewati Rossi untuk memimpin pada lap kesepuluh hingga sebelas. Namun, setelah pergantian motor dengan ban semibasah pada lap kedua belas, Dovizioso kembali terdepan sebelum Stoner kembali memimpin pada lap ketiga belas. Tak lama kemudian, Loris Capirossi (Suzuki) pada lap kelima belas membuat kejutan. Dia berada terdepan dibuntuti Stoner dan Dovizioso.

Setelah pada pertengahan lomba semua pembalap mengganti motor dengan ban semibasah karena sirkuit semakin mengering, Melandri (Hayate) dan Capirossi (Suzuki) yang bagus di lintasan basah mulai kesulitan.

Mengomentari kekalahanya di Mugello tahun ini, Rossi dalam rilis tim Fiat Yamaha yang diterima Gelora mengatakan, dia harus mengakui ketangguhan lawan-lawannya yang lebih muda pada kondisi medan yang berat.

"Saya mentargetkan menang lagi untuk ke delapan kalinya di Mugello, namun gagal. Kalah dan menang adalah hal yang bisa dialami siapa pun, tak terkecuali saya yang sudah tujuh kali berturutan menang di sini. Kondisi lintasan Sirkuit Mugello setelah hujan juga amat menyulitkan sama seperti di Le Mans. Finis ketiga harus saya syukuri karena jauh lebih baik dari tidak dapat apapun seperti di Le Mans," tutur Rossi.

Kubu Ducati yang merayakan kemenangan pertamanya di kandang sendiri menyatakan amat puas dengan hasil yang dicapai Casey Stoner dan menambah keyakinan untuk menghadapi seri selanjutnya di Catalunya, Spanyol.

"Ini adalah momen bersejarah bagi Ducati karena pertama kali menang di kandang sendiri. Ini akan semakin memacu semangat pada seri selanjutnya karena dari lima seri, Stoner dua kali menang dan kini kembali memimpin klasemen," kata Livio Suppo, Manajer Ducati-Marlboro pada rilis timnya kepada Gelora.

Stoner sendiri mengaku gembira bisa juara di GP Italia untuk pertama kalinya. Kondisi sirkuit yang masih agak basah kemudian mongering juga memberi keuntungan tersendiri karena harus ganti motor yang telah dilengkapi ban semibasah.

"Setelah sempat memimpin pada lap kedua hingga ketiga, lap kelima mulai ada masalah dengan kupling motor sehingga saya mulai tertinggal hingga posisi keempat. Beruntung, ada pit stop pergantian motor dengan ban yang sesuai dengan sirkuit basah yang semakin mengering. Dengan motor baru memasuki lap kedua belas, masalah kupling hilang dan motor bisa dipacu maksimal lagi di lintasan lurus. Kemenangan sulit yang membuat saya kini memimpin klasemen lagi sejak menang pada seri perdana GP Qatar," kata Stoner.

Kubu Repsol Honda yang gagal meraih podium ketiga yang nyaris diraih Andrea Dovizioso dan terjatuhnya Dani Pedrosa menyatakan akan berupaya bangkit di Catalunya.

"Harus diakui, masih ada kekurangan pada Honda RC212V. Itulah sebabnya Dovizioso tak bisa bertahan pad dua lap terakhir sehinga dilewati Rossi dan podium urutan ketiga pun lepas. Sedangkan cedera kaki Pedrosa yang terjatuh pada lap kedua belas kami harap bisa cepat pulih menghadapi seri VI GP Catalunya 14 Juni mendatang. Masih banyak pekerjaan untuk mmeperbaiki performa dan waktu dua minggu jeda akan kami maksimalkan," ujar Roger van der Borght, Manajer Operasional HRC (Honda Racing Corporation).

Setelah lima GP diselesaikan, baru dua tim pabrikan yang kebagian puncak podium, tim Fiat Yamaha merebut tiga seri (Lorenzo dua dan Rossi satu), Ducati Marlboro dua (Stoner). Persaingan akan semakin ketat pada seri VI di Catalunya,Spanyol 2 pekan mendatang bukan saja di kelas MotoGP tapi juga di GP 250. (BK)***
(copas dari google)

8 komentar:

  1. wah....rosi emang keren
    blog u pasti banyak yang baca...hehehehe

    oiy...good luck ia uasny...

    :)

    BalasHapus
  2. bingung gw milih tema yg srek bwd blog gw...hehe..

    gudlak jg ya,rin...

    BalasHapus
  3. waduh waduhhh kayanya bakal brantem nih ma lorenzoo hehehe...gudluck blognya yaww
    lihat juga dunk adrieindrayadi.blogspot.com

    BalasHapus
  4. yah,jgan sampe dunz...
    thx ya,drie...
    oke,tar gw liad blog lw d...

    BalasHapus
  5. Semoga aja race taun depan bisa juara lagi di mugello..
    Amin..

    BalasHapus
  6. semua kendraan kayaknya bisa dia tunggangin,fir...termasuk delman...
    hehe..

    BalasHapus